Tipe Penyebab Menginitis

Beberapa Penyebab Penyakit Meningitis

( Radang Selaput Otak )

Berdasarkan penyebabnya, meningitis terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

Meningitis Bakterialis

Meningitis tipe ini disebabkan oleh bakteri dan dapat menular. Bakteri yang menyebabkan meningitis meliputi:

  • Streptococcus pneumoniae
    Bakteri ini sering menjadi penyebab meningitis bakterialis. Meningitis akibat bakteri ini kerap dikaitkan dengan infeksi bakteri ini di bagian tubuh lain, seperti:

 

      • pneumonia,
      • sinusitis, atau
      • Endokarditis. adalah infeksi pada endokardium, yaitu lapisan bagian dalam jantung. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh masuknya bakteri ke aliran darah, yang kemudian menginfeksi bagian jantung yang rusak. Bila kondisi ini tidak segera ditangani, endokarditis dapat merusak katup jantung, dan memicu komplikasi yang berbahaya.

        Pada umumnya, endokarditis tergolong jarang, dan tidak menyerang seseorang dengan jantung yang sehat. Akan tetapi, penyakit ini rentan terjadi pada individu dengan kondisi tertentu. Misalnya, pada jenis penyakit jantung tertentu, seperti penderita penyakit jantung bawaan, penderita kardiomiopati, dan seseorang dengan katup jantung prostetik.

  • Neisseria meningitidis
    Bakteri ini menyebar melalui air liur atau lendir saluran pernapasan.
  • Haemophilus influenza
    Haemophilus influenza tipe B atau Hib adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis pada anak-anak. Selain meningitis, bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, kulit, dan sendi.
  • Listeria monocytogenes
    Bakteri tipe ini umumnya terdapat pada makanan, seperti melon, keju, dan sayuran mentah.
  • Staphylococcus aureus
    Bakteri tipe ini umumnya ditemukan pada kulit dan saluran pernapasan. Kondisi ini kerap di kaitkan dengan prosedur operasi di otak atau cedera otak.

Meningitis Virus

Virus yang menyebabkan meningitis meliputi :

  • virus kelompok enterovirus,
  • virus herpes simplex ( kelamin ) adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanita, yang menyebabkan luka melepuh di area kelamin.,
  • virus HIV,
  • virus West Nile,
  • atau virus mumps / Gondongan adalah peradangan kelenjar parotis akibat infeksi virus. Gondongan ditandai dengan pembengkakan pada pipi penderita. Kondisi ini dapat menular dan umumnya diderita oleh anak-anak.   .

 

Masing-masing jenis virus memiliki pola penyebaran dan penularan yang berbeda-beda.

Kondisi ini umumnya menimbulkan gejala yang tergolong ringan dan dapat pulih dengan sendirinya. Namun, pada beberapa keadaan kondisinya tetap membutuhkan perawatan dan bisa memburuk.

Meningitis Jamur

Meningitis yang disebabkan oleh jamur masih tergolong jarang terjadi. Meningitis tipe ini biasanya menyerang seseorang yang memiliki sistem imun lemah, seperti :

  • penderita kanker dan
  • AIDS HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

 

Beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan meningitis adalah cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan coccidioides. Jamur umumnya ini terdapat pada kotoran hewan seperti : burung dan kelelawar. Penyebaran jamur dapat melalui tanah atau debu yang terkontaminasi dan terhirup oleh pasien

Meningitis Parasit

Parasit penyebab meningitis, seperti Angiostrongylus cantonensis dan Baylisascaris procyonis, tidak disebarkan melalui kontak langsung. Parasit ini umumnya terdapat pada hasil bumi, serta kotoran, makanan, dan hewan seperti siput, ikan, unggas. Memakan makanan yang berbahan dasar hewan tersebut atau melakukan aktivitas seperti berenang berpotensi tertular parasit penyebab meningitis.

Meningitis juga dapat dipicu oleh kondisi yang diderita pasien, seperti cedera kepala, kanker, dan lupus. Penggunaan obat-obatan tertentu atau pernah menjalani tindakan medis seperti operasi otak juga dapat memicu munculnya meningitis.

Inilah penjelasan mengenai beberapa hal penyebab penyakit meningitis yang banyak terjadi dan yang pernah dialami.

Bagikan Info Bermanfaat Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *